[Kuliah+Kerja Part 2] Part Time di McDonald. Gimana ceritanya?

by - August 11, 2017


[Assalamualaikum,]

Hai Licensees...

Kalau di tulisan sebelumnya, udah ngejelasin apa ajasih yang disiapin buat ngelamar part-time.
Sekarang aku mau berbagi pengalaman tentang tahap-tahap jadi pekerja part-time gitu lah terutama di McD. Aku buat tulisan ini karena waktu itu saat ada panggilan dari sana, aku sempet nyari blog atau tulisan-tulisan tentang gimana sih pengalaman part-time di McD khususnya daerah kota Bandung, tapi aku cuma nemu sedikit tulisan aja. Sebenarnya memang banyak mahasiswa yang kuliah sambil kerja, tapi sedikit dari mereka yang bisa berbagi lewat tulisan.. mungkin karena kuliah sambil kerja itu lumayan melelahkan sampai tidak ada waktu untuk membuat suatu tulisan atau mungkin malas menulis. Buktinya aku pun baru bisa membuat tulisan ini sekarang.

Setelah ikhtiar masukin lamaran kemana-mana, yang bisa dilakukan selanjutnya hanya berdoa agar dari sekian banyak masukin lamaran, ada yang nyangkut satu mah hehe. Satu hal yang selalu aku yakinin adalah niat harus diperkuat, setelah kuat, usaha maksimal dan berdoa.. In sha Allah akan ada jalan untuk mencapai  implementasi dari niat itu.

Sekarang aku mau ceritain tahapan-tahapan seru mengenai pengalaman kerja part-time di Mc Donalds Bandung  Indah Plaza.                                                                                                                                                                            
1. Interview

Aku nunggu sekitar 2-3 minggu deh kayanya (aku ajuin lamaran di akhir februari).. Di pertengahan bulan maret (mungkin sekitar tanggal 15) ada keajaiban!
Sekitar jam 2 siang saat sebentar lagi aku tertidur setelah kuliah yang melelahkan tiba-tiba ada telpon dari sejenis nomer telpon rumah yang terdaftar di wilayah Bandung/Cimahi (022) dan untungnya keangkat.

Penelpon : Ini atas nama Jessy Nanda Dewi?
Jeje : Iya saya sendiri.
Penelpon : Besok datang ya jam 7 pagi ke BIP untuk interview.
Jeje : Maaf Bu, interview apa ya?
Penelpon : Loh kamu ngelamar di McD kan?
Jeje : Oh iya bu.. jam 7 di Mcd BIP ya, Bu?
Penelpon : Iya ditunggu yaa

dan langsung ditutup. ASLI AKU SENENG BANGET!!!

Besok nya aku sebelum jam 7 teng sudah di TKP. dan aku dateng ke 2. dan bodohnya aku gak pake baju formal-_- karena pas telpon aku juga ga nanya huft.
Beberapa waktu aku deg-degan bgt. Tapi yaudahlah hadapi aja. Dan ternyata ada lumayan banyak yang di panggil untuk interview. Aku juga berkenalan dengan beberapa yang datang dan bertuka kontak whatsapp dan bertukar informasi. Hampir kebanyakan dari mereka katanya ngelamar untuk fulltime. hanya 2 orang yang berstatus mahasiswa salah satunya aku. 'waduh gimana kalau yang diterima hanya yang fulltime aja?' pikirku dalam hati. Yaudahlah jalani aja interview ini dengan baik.

Hingga pukul 7, interview belum dimulai. 15 menit kemudian akhirnya bapak manager McD dateng dan akan meng-interview sesuai kedatangan. Dan tiba giliranku karena aku datang ke 2.

Aku dan Pak Manajer berjalan ke area Mcd dimana tempat duduknya kosong (karena masih pagi juga) dan kita pun duduk disana. Lalu Pak Manajer memulai dengan menyebutkan namanya dan berjabat tangan dengan ku. Lalu beliau melihat-lihat CV ku sekilas.
 Pak A : Coba kamu perkenalan data diri kamu yang ada di CV.
 Akupun menuruti perintahnya dengan sebelumnya meminta maaf kalau aku tidak berpakaian formal.

Setelah itu aku juga harus menjelaskan apa kelebihan dan kekurangan diri. Pas ditanya itu aku bingung juga sih. Aku jawab aja lah seadanya.
Kelebihan aku, gampang beradaptasi dan bersosialisasi karena udah lumayan sering ikut berbagai organisasi *sombong wkwkwk*
Kekurangan banyak sih hehe diantaranya ga ada pengalaman kerja sama sekali dan aku berkacamata.
Tapi ternyata Mcd ga neko-neko sih, fisik ga terlalu diliat juga contohnya ga masalah kalo berkacamata atau kurang tinggi hehehe *karena aku termasuk orang yang tubuhnya kurang proporsional*

Dan suatu fakta terungkap bahwa beliau adalah alumni dari kampusku dengan jurusan yang sama pula! Wah asyik semakin gampang untuk mengendalikan diri ku agar tidak gugup.
Lalu kemudian kami malah mengobrol ngalor ngidul hehe.

Di akhir interview, beliau bilang kalau disini tuh udah ga disebut part-time namanya soalnya sistemnya udah berubah. Kalo kerja disini disamain semua 8 jam kerja tp yang berbeda kita bisa sesuain dengan jadwal kuliah bagi yang mahasiswa. Saya juga dulu gitu kuliah sambil kerja. Gajinya per hari sekitar 96 ribuan lah dengan minimal kerja 15 hari max. 20 hari ya.
Beliau bertanya apa aku masih berminat bekerja disini?

Tentunya aku menjawab masih mau dan berminat secara jadi tambah tertantang banget. Setelah menjawab itu, aku harus datang lagi di hari minggu jam 9 untuk melakukan tahap selanjutnya (aku interview hari rabu). Disitu aku menyadari kalo untuk ingin keterima di suatu tempat kerja itu ternyata tahapannya susah ya -_-
Aku juga bertanya ke yang lain dan ternyata dari banyaknya yang interview tersaring 7 orang yang bisa ke tahap selanjutnya.

2. On Job Experience (OJE)

Hari Minggu, jam 9 pagi aku sampai di Mcd. Kali ini aku berpakaian formal. Tahap setelah interview ini bernama OJE (On Job Experience).

Apa itu OJE?
OJE itu adalah sejenis praktek kerja di McD selama 5-6 jam tapi belum di bayar.. cuma dapet makan aja.

OJE cape banget sih kerasanya, ya wajar buat aku yang belum pernah kerja berat sama sekali hehehe. Semangat yang masih tersisa adalah, tenang.. nanti makannya ayam Mcd wkwkwk maklum anak kosan kere mah jarang ke restoran cepat saji mending juga ke warteg atau beli nasi padang yang murah meriah dengan porsi yang banyak. Berhubung sebenernya aku tergolong orang extrovert yang aktif jadi happy-happy aja kerja ketemu orang-orang baru.

Saat OJE, pekerjaan yang kita lakukan masih di area luar, lobby dan TK (Toilet Keeper) karena masih pemula belum ngerti apa-apa kali yaa.. Meskipun kita cuma OJE belum jadi crew, tp penampilan kita harus menarik jadi, wajib make up untuk yang cewe biasanya serba pink sih kaya eye shadow dan blush on nya.

Beberapa hal yang dilakukan saat OJE, yaitu:
  • nge-mop alias ngepel (kita harus menyebut alat-alat di Mcd sesuai aturan dan kebanyakan bahasa inggris). Nah mop nya itu ada 2 jenis yang warna merah untuk toilet dan biru untuk area lobby.
  • nyapu, sapu juga ada dua macem.. yang sepaket sama pengki, ada juga yang disebut 'sapu kering' gunanya buat instan ngeringin setelah di pel.
  • ngelap-ngelap meja pake towel dan sanitasi. Kalo di lobby towelnya yang bergaris biru. Jangan sampai sampah kaya bekas makan orang harus cepet dibuang.
  • bersihin toilet atau jadi TK dan wastafel. Jaga toilet dan wastafel agar tetap kering, wangi.. trs ganti tisu, AMH (sabun cuci tangan) dan sebagainya.
  • Selalu cek condiment bar di lobby diantaranya chili sauce, straw, dan chili pouch. Untuk menyetok semua itu harus wajib pake hand gloves warna bening.
  • Harus bisa berinteraksi dengan sopan kepada customer dan menjawab pertanyaan mereka seperti, nanya pass wifi, nanya saus tomat, chair untuk bayi, dll.
Tipsnya kalo udah sampai tahap ini adalah sebisa mungkin harus selalu keliatan kerja jangan diem aja.  Meskipun ga ada kerjaan atau bingung ngerjain apa, pokoknya keliatan kerja aja. Kadang aku suka akting keliling aja mantau gitu trs pura-pura ngelap meja hihihi maafkannn..

3. Training

Oke, setelah OJE.. aku kembali menunggu 😔
Kebetulan setelah OJE aku libur kuliah seminggu karena silent week sebelum  uts. Oleh karena itu, aku pulang deh ke bekasi. Seminggu kemudian, ada telpon lg dari Mcd dan mengharuskan datang besok untuk training dan JAMNYA BERTEPATAN UTS! Alhamdulillah, bisa datang setelah uts.

Aku otw dari bekasi loh dan nyubuh.. langsung uts.. trs lanjut ke mcd.
Training ini menyatakan bahwa kita ALHAMDULILLAH KETERIMA! Dan menyisakan hanya 4 orang saja yang berhasil jd crew. AKHIRNYAAAAAA.....

Training ini udah dihitung kerja karena selama 8 jam. Training ga terlalu cape sih beda sama OJE. Cuma banyak mengenal seluk beluk Mcd sih supaya kita ada pengetahuan dasar.
Kita banyak baca handout gitu deh banyak. Nanti diajarin sama crew leader yang memang ditugasin jd trainer.


Pokoknya itu perjalanan awal aku dari awal di panggil sampai akhirnya keterima deh jadi crew meskipun 3 bulan pertama masih di sebut crew magang sih.

Nanti ku lanjut lagi cerita-cerita selanjutnya yaa 😄😄😄

To be continued Licensees...
[Wassalamu'alaikum]

NOTE:

Berhubung antusiasme permintaan CV dan CL yang tinggi di email sampai overload dan takutnya saya slow respon, sekarang bisa langsung download saja ya di GDrive dengan link berikut


terimakasihh!

You May Also Like

204 Comment

  1. Halo kak mau tanya, kakak waktu itu part time nya hari apa aja ya? Bisa ga sih kalau part time weekend doang gitu? Boleh tau juga gak waktu itu berapa lama jadi part time nya? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak nama email nya apa? Aku maut minta contoh CV

      Delete
  2. Halo kak mau tanya, kakak waktu itu part time nya hari apa aja ya? Bisa ga sih kalau part time weekend doang gitu? Boleh tau juga gak waktu itu berapa lama jadi part time nya? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga :)
      waktu itu krn aku kuliah senin rabu dan kamis, jd aku kerja di hari selain 3hari itu engga terkecuali di hari weekend. Kalo untuk spesialisasi di mcd, kita ga bisa kerja kalo di weekend aja.. Skrg kebanyakan cafe atau tempat makan mengharuskan crew nya utk kerja min. 15 hari kerja sebulan. Aku kerja sekitar hampis 4 bulan mungkin, sebenernya ingin kerja terus tp skripsi mengharuskan aku utk keluar hehehe
      Semigajjawabanku membantu yaa, silahkan kalo mau bertanya lagi hehe :)

      Delete
    2. Kak kalau keluar McD sanksinya apa?

      Delete
    3. hallo kak mau tanya naro lamaranya itu di store mcd mksudny ke officenya atau taro di pos satpamnya ya kak?

      Delete
  3. Sy mau bertanya kak, harus pakai make up kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk interview sih blm perlu, kecuali kalau udh OJE

      Delete
    2. Jadi pas udah kerja ngga papa kalau tdk pakai make up? Hanya pas oje aja pakai make up kak? Kak aku ada email kaka mohon dibaca ya makasih sebelumnya.

      Delete
    3. Sy mau nanya sy Kan punya ktp trs sy masi smk kls 11 itu bisa g iya

      Delete
  4. Kalo untuk sepatu, blh pake sepatu vans? Untuk interview

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu sih kebetulan pas interview, saya blm pake baju formal. Tp sih jgn diikutin hihi. Sebaiknya saat interview kamu sudah berpenampilan baik

      Delete
    2. Sama juga,saya kuliah juga sambil kerja..tp di roket chiken

      Delete
    3. wihh keren sekali, mungkin dengan pengalamannya bisa sharing :) Sukses terus yaa :)

      Delete
  5. Tahap OJE itu berapa lama kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oje pas Kaka brp jam?aku cuma 4 jam trs nunggu kabarnya brp lama lg

      Delete
  6. mau nanya dong kak hehe, kaka ngelamarnya langsung ditaro di outlet mcdnya atau lewat email gitu? kalo ditaro di outletnya langsung itu bisa ditaro dioutlet mana aja ka? trus dilamaran kerjanya ditulisnya apa kalo mau part time? sekarang mcd masih buka loker buat part time ga si ka? maap kak banyak tanya ehehe:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya langsung diberikan ke store McD nya. Kamu bisa simpan lamaran terserah kamu bebas. Surat lamaran kerja nya kalo untuk part time substansi isinya berbeda. Saya udh jelaskan ditulisan saya kok mengenai hal itu

      Delete
  7. Halo kak mau nanya, kalo kaka dapet info ada lowongan kerjanya dapet dari mana ya ka? Nanya langsung ke mcdkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya mah ga tau ada lowongan di McD jd iseng masuk2in aja dan emg karena niat kerja sudah menggebu-gebu hehe

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Setelah oje trs dipanggil itu gaji ka?

      Delete
  8. Kakak msih kerja di mcd ato uda engga? Ato uda beres kuliah? Kbetulan saya jg sedang TA tp ingin kerja sperti kakak.. mngkin bsa dbls kak pertanyaan dr tmen2 biar bermanfaat pengalamannya hehe

    ReplyDelete
  9. Sayangnya aku udh ga kerja disana. Blm lulus kok masih nyusun skripsinya hehe. Kalo TA kamu tidak mengharuskan untuk ribet penelitian sih (misalnya kaya sekedar TA review film atau buku) why not? Tp kalo memang harus fokus TA dulu lebih baik jgn ngelamar kerja dulu nanti keteteran

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Aku mau nanya kak,kalau mau ngelamr di mcd langsung naro ajakah? Atau tunggu ada lowongan (part time )? Trs kan aku kuliah libur jumat aja apakah bisa menyesuaikan jadwal mata kuliah aku ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung di taro aja ke store nya syukur2 kalo pas lg ada managernya hehe. cuma libur jumat aja? Tp hari2 lainnya ga padet kan? pokoknya liat hari2 yg kamu bisa kerja 8,5 jam sampai max. Jam 10 malam

      Delete
  12. Ohh brrti OJE ama training beda lg mba jessy ? beda pas OJE ama training apa dong mba tlong minta pengalaman nya dan kapan ya sudah bisa dikasih baju crew mcd nya ... ohh iya pas OJE katanya mnta verifikasi ke crew leadernya gtu ya ? mksdnya verifiakasi itu apa ya, hehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau OJE, kita hanya diberitahu seluk beluk sekitar lobby aja blm ke dapur dan tentunya blm tentu bisa jadi crew disana. Kalau training kita udh fix diterima dan mulai tahu semua seluk beluk yg harus dipelajari di mcd. Kalo untuk seragam dikasihnya min. 2 minggu, max. 2 bulan. Kalau verifikasi ke crew leader itu disaat kita udh jd crew dan udh mulai di tempatin di tempat selain lobby, misalnya di cashier.. Nah verifikasi tuh sedikit test gitu yg menegaskan kita udh mempelajari segala hal mengenai tata cara jd cashier di mcd. Kita belajarnya dr handout yg dikasih

      Delete
    2. Klo udh oje trs dipanggil lagi itu udh digaji ka

      Delete
  13. Kak..klw kerja di mcd itu pake sistim kontrak gk kak....soalnya saya udah ngelamar kerja trus d suruh training..tgl 25 besok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setelah kamu 3 bulan jadi crew magang nah nanti setelah itu bakal ada kontrak jd pkwt otomatis naik gaji hehe. Kalo bisa, kalo memang sudah kerja jgn melamar lagi.. nanti kamu ga bisa bagi waktu. Masalah nya kalo bekerja beda dengan kamu kuliah yg masih bisa diatur. Berikan kesempatan buat yg lain saja yaa

      Delete
  14. Saya rencana thun ini kan mau kuliah kak....trus klw udah krja di Mcd bsa gk kak...kita mnta shif mlam...biar gk bentrok Sma jadwal kuliah...

    ReplyDelete
  15. Saya rencana thun ini kan mau kuliah kak....trus klw udah krja di Mcd bsa gk kak...kita mnta shif mlam...biar gk bentrok Sma jadwal kuliah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebijakan manager sih, tp setau saya memang laki2 banyak dapet shift malam memang

      Delete
    2. Jadi kalau udh ditelpon pihak storenya untuk training itu udh fix keterima kak?

      Delete
  16. Permisi Mbak, apakah jika nanti diterima harus menyerahkan ijazah sebagai jaminan? Terus Mbak, dapet info bahwa McD buka lowongan dari mana? Lalu untuk kontraknya berapa tahun? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu, paling nanti diminta KK. Saya ga dpt info, cuma simpen berkas lamaran di mana aja tanpa tau lowongan. Logikanya nanti sewaktu mereka butuh crew baru tinggal liat dr berkas lamaran

      Delete
  17. yang perlu di masukin pas ngelamar part time apa aja ya kak? CV ama surat lamaran aja ya?
    KTP gitu gak usah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat post-an blog saya sebelumnya ya ttg persiapan sebelum part-time nya apa aja

      Delete
  18. kak aku mau tanya dong, kk ngelamar kerja nya.. maksud ku masukin lamaran kerja nya dimana? di kasir nya yaa??
    terus berkas apa aja yang harus disiapin, tolong jawab ya kak.
    makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di kasir. Untuk hal satu lagi kamu bisa baca post-an blog aku sebelumnya ya

      Delete
  19. Ka mau tanya itu kl kerja part time MCD 1 hari harus 8 jam utk kerja ya?trs kl part time kerja'a di posisi ap??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang 8 jam kerja. Untuk hal satu lagi, kamu bisa baca tulisan blog aku selanjutnya yg judulnya tragedi di mcd. Coba di baca aja yaaa

      Delete
  20. Kak kalo part time gaji nya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di mcd kan kebetulan ga ada yang namanya part-time lg sudah saya jelasin yaa. Gaji juga ditulisan aku yg diatas sudah disinggung hehe

      Delete
    2. Tapi sekarang mah McD gaji magang nya 132rb perhari... Kebetulan saya juga lagi magang di McD hehe

      Delete
    3. Wihh enak yaa, udh naik skrg. What a lucky u are! Good luck!

      Delete
  21. Kak, mau tanya pas msukin lamaran nya di titip di kasir atau bgimana? Trus isi lamaran untuk part time itu sama seperti lamaran biasanya atau beda?
    Makasih kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dititip di kasir. Untuk masalah berkas apa aja yg di sertakan, kamu bisa liat tulisan blog aku yg sebelumnya ya ttg persiapan parttime

      Delete
  22. Klo boleh tau interview nya apa aja di McD ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya saya sudah ceritakan diatas deh, baca sekali lagi yaa

      Delete
  23. Kak, mau tanya, kakak kan langsung taro kamaran ke MCD nya, itu naro ke karyawanya atau ke mana nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ke crew yg ada situ aja, mau ke bagian cashier, satpamnya atau crew lain.. Bahkan kalo bisa ke temu manager nya langsung ya kasihin aja

      Delete
  24. Maaf baru baca. Ini blog berguna sekali. Setelah aku baca dan aku lowong kan surat lowongan kerja ku di mcd aku akhirnya keterima berkat mengikuti apa yg di tulis di blog inj. Terimakasih untuk pengetahuan nya mz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, saya hanya penyampai informasi saja.. Selebihnya itu berkat usaha yg telah dilakukan. Terimakasih juga untuk testimoninya mas hihi 😄

      Delete
  25. Kak Jessy saya mau bertanya waktu tahap OJE kaka pakai sepatu model apa ya kak,?
    Cocoknya yg hitam polos atau ada motif tali bisa gak ya,?
    Soalnya minggu depan saya mau OJE.😀😀
    Saya grogi duluan nih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, maaf saya baru liat comment nya. Gmn udh diterima?

      Delete
  26. Kak Jessy saya mau bertanya waktu tahap OJE kaka pakai sepatu model apa ya kak,?
    Cocoknya yg hitam polos atau ada motif tali bisa gak ya,?
    Soalnya minggu depan saya mau OJE.😀😀
    Saya grogi duluan nih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku waktu itu pake sepatu pantofel dan itu pegelllll bgt. Jd aku saranin mending pake sepatu yg flatshoes yg teplek dan ga licin qtau pake sepatu2 yg dr karet. Motif juga gapapa, asalkan hitamnya lebih dominan. Pokoknya jgn pake sepatu yg ada haknya meskipun 1cm hihi

      Delete
  27. Mba jessy, saya udh lulus OJE terus disuruh ngasih berkas seperti fotokopi rekening, kk, ktp, npwp plus materai 6000, tapi disuruh nunggu ditelfon lagi. Kira kira itu udah fix keterima atau belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama sudah diterima tapi tidak hrs fotcop npwp dan disuruh lagi telpon, apa sudah fix diterima atau blm?

      Delete
    2. Untuk yudha dan cindy, kalo sudah di suruh buat rekening bca dan menyerahkan fotokopiannya berarti itu udah fix

      Delete
    3. Makasih banyak infonya kak jessyy

      Delete
  28. Halo kak, aku boleh minta contoh CV kakak tidak? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  29. Halo kak, kalau aku masih SMA Kelas 11 kira2 diperbolehkan melamar tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut aku sih boleh deh soalnya kalo melamar di mcd waktu itu aku ga pake fotokopi ijazah pendidikan terakhir

      Delete
  30. Halo kak, rencananya aku juga mau masukin lamaran ke McD, kasih ke kasir aja kan ya? Terus nanti kalau interview ditanya mau melamar jadi apa, jawabnya harus gimana? Soalnya aku pernah ditanya gini waktu interview di dept.store. Apa jawab jadi kasir, atau crew atau apa ya? Saya sih yang penting diterima kerja hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kamu langsung kasihin ke kasir atau crew yg ada disana. Kalo di mcd ga akan ditanya mau ditempatin di bagian apa, soalnya kalo kita nanti pas diterima wajib harus bisa megang semua bagian tp bertahap kok. Kamu jd kasir bisa, jadi juru masak pun bisa

      Delete
  31. Hallo kak, aku kan lg training di mcd, trus besok aku ditempatin di runner, aku masih bingung takut salah, takut lama, soalnya banyak bgt macem2 makanan dan minumannyakalo di runner tugasnya apa aja ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gausah takut, kita pahami di handout ttg runner yg dikasih nanti sama crew lain juga akan dibantu kok. Di runner tugasnya siapin makanan dan minuman di brown tray sesuai posisi. Lama2 juga kamu akan tau menu2 disana kok. Kalo mau lebih detail coba baca blog aku yg selanjutnya ttg tragedi2 di McD. Disit[ aku ceritain sedikit ttg tugas2 jd runner. Good luck!

      Delete
  32. Kak waktu melamar di mcd di minta cantumin kk sama skck gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah saya di terima, manager hanya meminta fotokopi kartu keluarga utk diserahkan utk data perusahaan tanpa meminta skck.

      Delete
  33. Ka untuk melamar kerja part time kan tidaj usah melampirkan kartu kuning maupun npwp kan ya ka? Soalnya takut pake, kan di blog kaka ga ada npwp ataupun kartu kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus kok, saya memang tidak dimintai itu selama bekerja disana

      Delete
  34. kak, jadi 3 bulan pertama itu isstilahnya 'Crew Magang'? nah itu kalo berhenti sebelum 3 bulan kena denda gak?

    nah setelah magang alias sudah PKWT, kalau berhenti sebelum selesai PKWT nya kena denda ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih crew magang tidak denda, kecuali udh dikontrak pasti kena denda. Ya kalo bisa sih kerja trs jgn sampai keluar soalnya sayang.

      Delete
    2. Kak kalau masih jadi crew magang apakah digaji ya kak ?
      sangking groginya sampe lupa tanya waktu interview kak, please dijawab ya kak
      Terima kasih 🙏

      Delete
  35. satu lagi hehehe, rekening nya harus bca kah?

    ReplyDelete
  36. Halo kak? Kabar kakak pasti sehat kan😊
    Aku mau nanya kak
    Disitu kerja nya msuk dri jam berapa kak?
    Terus libur nya brpa hari kak?
    Dan kk kirim surat lamaran nya di ketik atau tulis tangan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sehat.
      Kalo masalah masuk kerja tergantung manajer schedule tp untuk wanita sih paling pagi masuk jam 6 dan paling siang masuk jam 2 siang biar pulangnya ga lebih dari jam 10 malam. Liburnya ya disaat kuliah hehe. Waktu itu saya diketik.

      Delete
  37. Halo kak. Kak mau tanya dong, kalo semisal kita diterima kerja dibulan ramadhan ini , trus sekitar bln juli kita harus kuliah (maba) , apakah boleh mengganti sift kerja sesuai jadwal kita nantinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kebijakan manajer masalah menyusun jadwal. Tp kalo kamu udh kuliah in sha Allah ga akan bentrok kok. Pasti nanti disesuaiin

      Delete
  38. Waktu kakak interview trus pengumuman nya bahwasan nya kk menang di umumkan pass hari itu juga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo setelah interview kamu suruh datang lg untuk oje. itu one step closer untuk kita diterima.saya sudah ceritakan diatas, kalo blm jelas mungkin bisa dibaca lagi aja yaa

      Delete
  39. Kak kalo waktiwinterviewnya diundur beberapa jam gtu bisa ga ya? Kan jam kuliahnya pagi,
    Sama gajinya itu transfer lewat rekening apa manual aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm kayanya ga bisa deh, menurut aku first impression harus baik jd kalo bisa jangan telat. Atau mungkin saat ada telpon utk panggilan interview kamu nego dulu aja bisa ga agak diundur karna ada kuliah. Kalo gaji dibayar lewat rekening ya

      Delete
  40. Hai kak, bolehkah saya minta contoh lamaran dan cv yg dipakai kakak untuk melamar di MCD dulu? Saya sudah email ke kakak. Mohon dibalas. Terima kasih kak. Salam sejahtera :)

    ReplyDelete
  41. Kak jessy mah nanya.Klo utk kontrak ny sendiri di mcd brp lma yh. Apa bisa d perpanjang lgi setelah itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 bulan pertama blm ada kontrak krn masih magang, kalau kerjamu bagus pasti langsung disuruh taken kontrak dansetahu aku setahun, nanti bisa perpanjang lg

      Delete
  42. Ka mau tanya nyari lowongan nya dimana ya? Itu sistem nya diinternet (ngelamarnya) atau pake pos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga nyari waktu itu hehe, cuma iseng masukin lamaran aja kesana krn banyak info bisa part Time kalo di restoran ceoat saji kaya gitu. Dikirim langsung ke store terdekat aja sih gausah lewat email atau pos

      Delete
  43. Hallo kak aku mau tanya dong..
    Waktu kaka di tlpn untuk interview, apa kaka ke esokan harinya langsung OJE atau kaka nunggu beberapa hari ditlpn lagilah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat interview dan berhasil, aku langsung disuruh manajernya datang lagi 3 hari kemudian. Di jam yg ditentukan oleh manajer. Tp bisa nego kalo ada kuliah

      Delete
  44. Halo ka jessy, aku mau tanya besok aku dipggil buat oje, itu kira2 aku bisa nego untuk berpa hari aku kerja disitu ga yaka? Aku pengen ambil tapi ada harus operasi besar sebulan kemudian, jatohnya aku pengin freelance gitu ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibicarakan lagi saja dengan manajer ya, mungkin bisa cuti utk sementara

      Delete
  45. Artikelnya keren kakk.. Aku mau tanya ka, kalo kerja di Mcd cuma 1 bulan (pas libur semester), kira" bisa ga ka??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan. Lebih baik kamu bersungguh-sungguh ingin bekerja jangan hanya sekedar isi waktu luang karena tidak semua org bisa bekerja dengan mudah, apalagi kwrja di mcd tahapannya agak panjang jadi kan kalo udh diterima trs keluar nanti citra buruk juga buat kamu

      Delete
  46. Kak boleh gak aku minta contoh lamaran sm cv.nya.. ?soalnya aku mau nyobain lamar ksitu juga hehee😊

    ReplyDelete
  47. Hallo kak. Artikelnya membantu banget. Kebetulan aku juga mau ngelamar pekerjaan di Mcd. kalo boleh,minta contoh surat lamaran dan cv kakak waktu ngelamar kerja di Mcd dong kak. Masih bingung isinya ,Makasih wkk

    ReplyDelete
  48. kak alamat emailnya apa ya, aku udh lihat di profil tapi diklik ga muncul-muncul. btw aku orng bdg kak mungkin bisa ketemu hehe

    ReplyDelete
  49. Kak mau tanya, untuk pembayaran gajinya tiap bulan atau diberikan per minggu gitu ya?

    ReplyDelete
  50. Bagus tulisannya. Dan juga menambah pengetahuan. Keep going!

    ReplyDelete
  51. Kak aku mau nanya,tapi aku gatau mau nanya apa

    ReplyDelete
  52. kak, bisa libur weeknd nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak kalo kita jadi crew magang apa juga di gaji

      Delete
    2. Buat weekend tergantung jadwal yg ditetapin manager store, tp kalo aku kan waktu itu sambil kuliah jd ya udh otomatis aja weekend masuk toh lumayan kan kalo masuk gaji nambah. Kalo buat Isa, 3 bulan pertama memang disebutnya masih crew magang dan tentu aja digaji dong hehe

      Delete
  53. Hi kak. Barusan aku ditelp untuk dtg ke McD sebagai Crew magang. Beliau bilang untuk 'training' krn aku udah drop cv dari sekitar ±1minggu. Dan aku disuruh bawa nametag, kira2 bakalan ada test lagi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada test lg kok. Selamat yaa, kalo udh training berarti kamu udh di terima 😉

      Delete
  54. ka mau minta CV nya terus apakah lebih baik kita kirim CV ke beberapa cabang mcDonald atau cukup 1? kirim email yah kak CV nya lagi urgent nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik ke banyak cabang biar kesempatan kamu diterima semakin banyaK juga

      Delete
  55. ka mau minta CV nya terus apakah lebih baik kita kirim CV ke beberapa cabang mcDonald atau cukup 1? kirim email yah kak CV nya lagi urgent nih

    ReplyDelete
  56. Kak aku deg deg an nih soalnya besok suruh interview di mcd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin kan manajer ya.. rileks, atur nafas hehe. Good Luck ya! Semoga keterima aamiin..

      Delete
  57. kak info OJE nya yg lengkap dong soalnya buat prepare aku besok dipanggil tes OJE aamiin keterima.Trims🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ya yg kurang lengkap kira2 hehe 😅.. maaf saya baru cek blog. Gmn oje nya?

      Delete
  58. Kakkkk aku udah oje nih kok belum di panggil lagi yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udh seminggu ya berarti kamu blm beruntung.. tp ditunggu aja yaa sambil berdoa, goodluck!

      Delete
  59. Kak kan aku udah keterima jadi crew magang selama 3bulan di McD, kira" sistem penggajianya gimana ya? Karena dikontrak tulisannya sih 1,9 juta kak, tapi gaji 1,9 juta itu emang keluarnya tiap 1 bulan sekali kah/ sesuai kontraknya yg 3 bulan itu dan hanya sekali gajian dalam 3 bulan? Terimakasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sistem penggajian di McD ditahun 2017 itu turun setiap 2 minggu sekali sesuai hari kerja selama 2 minggu itu. Kalo upgrade nya skrg saya kurang tau hehe. Mungkin kamu bisa tanya kepada manager nya yang lebih berwenang.

      Delete
  60. Kak aku boleh minta format cv dan lamaran ? Aku masih mahasiswi semester 3 dan blm ada pengalaman kerja. Aku harap kakak baca. Makasih kaka

    ReplyDelete
  61. ka kl di mcd boleh sudah menikah gaa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selagi umurnya masib memenuhi syarat setau saya gapapa sih, tapi saya gatau peraturan yang sekarang membolehkan atau tidak

      Delete
  62. halo kak bisa minta cv nya yg dulu buat kakak ngelamar kerja di mcd, soalnya aku kan mumpung masih mahasiswa semester 3 pengen juga coba kerja disana. aku udah email kakak dibalas ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek emailku ya kak galuhsudiro89@gmail.com

      Delete
    2. Seingat saya, saya sudah membalas beberapa email. Coba dicek lagi yaa

      Delete
  63. Kak mau contoh CVnya kak. munafirdaui@gmail.com

    dan kak aku mau nanya. akukan kampus dr senin-kamis. tpi pagi semua. senin selasa sampe jam 1. rabu kami sampe jam 10. jumat kadang ada tamvahandi paginya kelas asdos.

    kira-kira di MCD bisa ambil shift malamnya aja ndak ya kak? seperti dr jam 9malam-5pagi (8jam)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung email saya ya untuk contoh cv.

      Minimal kerja di mcd setau aku seminggu masuk 4 hari. Mungkin kalo pagi kamu bisa masuk siang. Itungannya kalo perempuan maksimal kerja sampai jam 10 malem

      Delete
  64. Halo kak, boleh minta contoh CV dan surat lamaran yang kakak kirim ke McD ga kaa? Pengen banget kerja ka, buat bantu bantu uang kuliah. Aku juga dari Bekasi hehe, daerah Pondok Gede. Mohon bantuannya ya ka, kalau sempat waktunya. Email saya rayanayyesha@gmail.com. Terimakasih kaa

    ReplyDelete
  65. Hi kak, aku mau nanya nih kak misalkan kita naro lamaran di mcd sarinah, nah kalo kita interview disitu dan misalkan diterima apa penempatan kita di mcd sarinah itu juga kah kak? Terima kasih kak sehat selalu🙏😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep di sarinah ya kalo kamu memang ngelamar kesitu

      Delete
  66. Ka klo masih sma kelas 3 boleh ga ngelamar kerja di mcd? Trs klo ambil nya sif malem doang boleh ka? Nah klo sif malem itu dri jam brp smpe jam brp ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kalo masih blm lulus sma sih aku blm tau bisa apa engga. Coba aja kamu datang ke mcd dan tanyakan. Soal shift itu manager yang mengatur

      Delete
  67. Halo kk gaji kk udah training berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik brp persen ya saya lupa wkwk soalnya saya disana 2017. Skrg pasti udh upgrade lg gajinya

      Delete
  68. Kak jessy, aku udah email kakak tapi belum dibales:(

    ReplyDelete
  69. Halo kak, aku boleh minta contoh CV kakak tidak? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  70. Hallo kak saya kan kuliah dari senin - jumat jam 5 sampai jam 9 malam. Kita bisa ga kak minta kerja di pagi sampai jam 4 sore atau dri abis kuliah sampai pagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu coba aja dulu ke mcd tanyakan, nanti itu kebijakan dari manajer gmn kelanjutannya

      Delete
  71. halo kak mau nanya dong kan aku udh kerja di mcd sekitaran 3 minggu nah pas wktu interview itu managernya bilang kl 3bulan jd crew magang dulu. tapi kok aku udh disurut tanda tangan kontrak ya? pdhl kan aku masih blm 3 bulan. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu juga saya gitu kok, berarti kerjamu baik! Selamat ya bisa cepat naik gaji karena udh dianggap pkwt setau saya hehe

      Delete
  72. Kak pas msih magang kita digaji ya perbulan apa perhari ka!?
    Trus kira2 berapa ya digajinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhari soalnya kan saya sambil kuliah jd tergantung saya masuk. Waktu 2017 masih sekitar 97rb, kalo skrg gatau hehe

      Delete
  73. Aku disuruh bikin no rek apa ini artinya aku diterima ya?
    Sudah bikin no rek nya dikasih ke manager dan manager bilang nanti dikasih kabar lg tp blom ada kabar lg uwuu��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih udh diterima kalo udh disuruh bikin rekening, Gmn skrg sudah dikabari lg kah?

      Delete
  74. ka, kalo kerja dimcd boleh sholat gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah boleh dong, tapi biasanya gantian di atur sama manajer

      Delete
  75. Kaka Jesi,aku boleh minta CV McD ya?

    ReplyDelete
  76. Itu kakak ngelamarnya langsung nyimpen lamaran di mcdnya aja atau cari2 lowongan dulu? Terus kalo misalnya mau naro lamarannya itu biasanya kasih ke siapa ya kak? Terimakasih banyak sblmnya kak

    ReplyDelete
  77. Dulu kak Jessy berhenti kerja setelah berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 5 bulanan kalo ga salah karena harus magang dr kampus

      Delete
  78. Hai kak jessy aku kebetulan crew McD juga, aku di Mcd Sarinah Thamrin aku bantu jelasin ya kak ke kakak kakak yg penasaran, jadi gini, lamar di mcd itu siapin cv, lamaran, fc kk fc ktp udah itu aja, anterin langsung ke store mcd terdekat, di mcd itu sistem nya dimana kita naro lamaran disitu langsung penempatan buat kita, kalo naro di sarinah ya nanti kalo diterima ditempatin di sarinah, setelah screening cv, baru psikotes+interview, setelah interview OJE, Setelah OJE baru sign Kontrak+Training, itu udah fix diterima kalo udah training ya, nanti disuruh buat rekening BCA, dan buat crew magang yang baru masuk gajinya 135rb perhari. Gajian nya turun tanggal 20 dan 30 jadi sebulan itu 2 kali gajian, untuk makan dapet plus minuman nya bebas milih asal ga lebih dari 30rb. Sekian ya informasi dari aku semoga bermanfaat🙏untuk yang masih mau nanya2 nih wa aku 082249380487. Terima kasih kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terima kasih ya sudah membantu!🙏 Teman2 mungkin bisa baca komen terbaru ini ya biar lebih up to date hehe

      Delete
    2. ka boleh liat surat lamarannya

      Delete
  79. Ka mau nanya kalo oje pake sepatu apa ka? Flatshoes gitu boleh gak si ka kira²? Mohon infonya ya ka terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flatshoes hitam malah wajib bgt biar kamu ga cape soalnya kalo pantofel ada hak nya sedikit bikin sakit apa lagi tuntutan pekerjaan yg harus sering berdiri

      Delete
  80. Ka Jessy, aku boleh minta contoh CV sm lamaran buat kerja di McD?

    ReplyDelete
  81. Kakk saya boleh minta contoh lamaran sama cv nya? Tolong kirim di email desirahma557@gmail.com
    Makasih kaka:)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu email saya saja ya soalnya biar ga lupa hehe

      Delete
    2. Kak, saya sudah email kakak, mohon di balas ya kak, Terima kasih

      Delete
  82. Halo kak. Aku mau tanya nih, klo misalkan kita udh naro lamaran di mcd tp gk dipanggil2 trs kita taro lg lamarannya ke mcd yg sm. Bisa gak ya? Soalnya aku mau bngt kerja di mcd, udh lama nganggur:(

    ReplyDelete
  83. Assalamualaikum kak , aku Wuri aku udh baca blog Kaka yg cerita perjalanan bisa kerja di McD itu bermanfaat bgt , tapi kalo boleh aku mau tanya nih kak , jadi baru aja aku dpt telpon buat OJE di McD trs aku bingung apakah nnti kita Dateng langsung ngelakuin kerja apa nnti diarahin dulu kak misalnya kita hrs lakuin ini itu , mudah2 an dibales , makasi ya kak sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo kak, kalo boleh tau di mcd pake psikotes gak?

      Delete
  84. Kak mau tanya dong, untuk format CV sama surat lamaran seperti apa ya?? Email : gedeoxa@gmail.com

    ReplyDelete
  85. ka mau minta contoh format CV dan surat Lamaran ini email saya putrisabrina3107@gmail.com

    ReplyDelete
  86. Halo kak Jessy salam kenal.. kak aku juga minta CV buat ngelamar di
    McD boleh yaa? Aku greget mau kerja juga .. terima kasih ya kak Jessy

    ReplyDelete
  87. Selamat siang sore kak jessy, apa saya boleh minta contoh CV ketika lamar di MCD kak? Terima kasih...

    ReplyDelete
  88. Kak kalo mau part time di mcd, ngelamar nya pake foto copy ijazah?

    ReplyDelete
  89. hallo kak salam kenal,barusan aku juga scroll2 mengenai crew mcd gitu dan aku baru ngisi form pendaftaran crew mcd gitu,kebetulan nemu artikel punya kakak hehe,dan hampir sama juga sebagai part time,aku juga kuliah kebetulan lagi libur after uas.apakah boleh meminta contoh cv punya kakak dulu?hehe biar bisa berbagi ilmu kak.Terima Kasih🙏

    ReplyDelete
  90. Haii kak aku kebetulan liat mcd lagi buka loker lagi, maaf kak aku boleh minta format lamaran sama cv nya ga? Makasih kakk

    ReplyDelete
  91. Ka aku juga mau part time ke mcd cuman bingung contoh cv buat mahasiswa yg masih kuliah tu kek gimana. . Maaf kak aku boleh minta gak contoh cv yg kaka bikin?
    makasih kak

    ReplyDelete
  92. Kak boleh gak aku minta contoh lamaran sm cv.nya.. ?soalnya aku mau nyobain lamar ksitu juga hehee😊

    ReplyDelete
  93. Hi Kaka boleh minta contoh CV nya gak kak, aku juga mau ngelamar kesana kaka. Terima kasih

    ReplyDelete
  94. Kak mau tanya dong.. Untuk ngasih cv dan surat lamarannya kita dateng langsung ke tempat mcd yang dituju atau bisa dari website loker mcdnya?? Terus kalau sudah diterima ditempatinya bakal random, atau sesuai jarak rumah, atau sesuai letak mcd yg kita lamar? Tolong balas ya kak.. Terimakasih.. trianisa.mayangsari11@gmail.com

    ReplyDelete

Popular Posts