[Kuliah+Kerja Part 3] Tragedi-tragedi kerja di McD

by - March 19, 2018

Hai Licensees... Aku mau lanjut ceritain tentang pengalaman aku part-time di Mcd BIP nihh.. Kalo yang belum sempet baca tulisan aku sebelumnya mengenai apa aja persiapan untuk kerja part-time,
bisa klik disini https://littlelicense.blogspot.com/search/label/Student%20Part-time?m=1

Nah kalau untuk tahapan apa saja yang aku tempuh awal mula sampai aku keterima di mcd bisa klik

[Kuliah+Kerja] Part Time di McDonald's. Gimana ceritanya?


Di tulisan sekarang aku mau langsung cerita saat aku udh kerja disana hehe..

Check this out!
Setelah di tetapkan jadi salah satu crew magang, aku baru berteman sama temen2 seperjuangan aku aja karena kita diterima nya hampeirbareng ber-6. Tapi, aku ga henti2nya ngapalin nama dan muka semua crew dan manager disana. Susah bangett!! Ada beberapa org yg menurut aku mirip dan selalu kebalik nyebutin nama-_- Crew nya banyak dan kebanyakan udh kerja lama disana. Semua baik2 dan ngajarin bgt kaya gimana cara pake kerudungnya pas kerja buat aku yg notabene berhijab, cara bermake-up, dan semua hal ttg peraturan2 di McD.
Awal2 kerja sih masih di tempatin di area luar, area lobby atau jadi Toilet Keeper , sampai khatam bgt deh pokoknya. Pengalaman di area2 itu, diantaranya:
1. Disaat ada kunjungan anak2 TK ke McD buat liat dapur McD, dsb. Jujur itu rame bgt bikin pusing.. Apalagi kalo misalkan kita lg ngemop lobby dan banyak anak2 yg bolak-balik atau lari2an meskipun udh pake yellow trafic (sejenis penanda lantai basah). Hal ini juga berlaku kalau ada pesta ulang tahun anak. Oh iya biasanya yg mandu acara ulang tahun sih seringnya dari star (pegawai McD di bidang marketing, seragamnya ada rompinya). Tp kalo memang ada crew selain star yg bisa jadi pemandu acara pasti terus kepake jd MC.
2. Disaat bersihin toilet banyak bgt pengalaman sih kaya bersihin m*ntah seorang anak yang sangat berantakan (ga langsung muntah diwc nya) krn kekenyangan, trs suka ada noda d*rah ha*d di toilet wanita mungkin karena lupa disiram, atau parahnya ada pu*f, dan yang paling sering adalah cape bgt ngeringin wastafel dan airnya ke lantai sampai di area lobby soalnya tangan kebanyakan pengunjung suka ga pake mesin pengering tangan setelah cuci tangan. Area toilet itu harus kering dan wangi jd frekuensi ngepelnya sering bgt.
3. Pengalaman di lobby ya, hmmmm... Menyenangkan! Karena aku suka ketemu sama orang baru yg beda karakter dengan cara sering ngobrol baik sama crew lain atau customer. Saat bersih2 meja kadang suka nemu uang tp ga sering paling cuma 2rb-5rb wkwkwk, nemu makanan lain yg masih utuh kaya sejenis snack2 gitu atau kaya tisu2 atau cermin wkwk.
Kita anak baru ga akan selalu di tempatin di area front kok, kalo kita rajin, cepet belajar dan ngerti.. Kadang belum sebulan udh bisa melangkah ke station lain.
Pengalaman lainnya, yaitu
4. Aku pun maju ke station lain yaitu french fries. Goreng kentanggggg, yipii!!! Tp semakin lama goreng kentang, semakin hinyai (muka2 kumel yg mengkilat karena berminyak) pula. Ga gampang loh ternyata goreng kentang. Ada aturannya kaya suhu harus brp, waktu kentang fresh tuh brp lama, kalo kentang ukuran small, medium, large tuh biasanya berapa biji.. Trs harus selalu pake handgloves, dll. Pokoknya nanti di kasih handout khusus di station yang kita pelajari. Setelah hafal, nanti kita di tes dan baru deh dinyatakan jago atau bahasa kerennya di sertifikasi di station itu. Yang paling aku suka di station ini adalah saat teriak suggest french fries, counter!
5. Station pertama di kitchen yaitu nge wrap nasi, wah manager hobby bgt ngasih tugas aku ini entah kenapa wkwkwk, saking sibuknya nge wrap nasi, sampai ga sadar kalau di luar tuh ternyata udah gelap wkwkwk. Suka bgt aku ngelipet2 nya.. Apa lagi kalo cepet dan nasinya baru mateng.. Buletannya tuh jadi sempurna gitu hahaha.
6. Lalu, maju lagi ketahap drink drawer (re: DD) atau tukang nyiapin minuman ice or hot. Disini harus tau takaran es batunya sesuai cup yg small, medium, or large. Terus harus bisa menakar susu atau jelly buat ice coffee, atau cara membuat minuman2 lain yg sedang di promokan seperti Lime Fizz atau lainnya. Harus bisa juga mengganti kopi di mesin yg untuk hot coffee. Selain menyediakan minuman, tugas lain disini adalah harus sering ambil ice cube. Dan satu lagi yang pasti harus belajar teriak lg ke bagian yang bertugas di kitchen belakang (lupa lagi istilahnya) kalo ada salah satu minuman yang kosong misalnya ice coffee, harus teriak 'Ice coffee zero!'
6. Setelah belajar di DD, trs di tempatin di desert, belajar bikin ice cream. Diantaranya ice cream cone, sundae dan Mc. Flurry. Di bagian ini mesinnya suka error, karena banyak bgt org ke McD cuma mau beli ice cream nya aja (termasuk dirikuu) karena McD dikenal enak dengan ice cream-nya (bukan peres loh ya hehe). Disaat ice cream-nya mulai abis juga, sang crew harus berteriak 'sundae mix slow!'
7. Menurutku ini pengalaman ku yang tersulit, yaitu jadi front counter. Front counter di bagi 2, front cashier (ya pokok ya bagian kasir lah) dan runner (org yang menyiapkan pesanan).
Front Cashier, seorang kasir harus, menyapa, senyum, hafal menu dan paket apa saja yang disediakan, bisa melakukan transaksi tunai maupun non-tunai. Harus hafal juga tombol2 di komputer letaknya. Kembalian jangan sampai salah dll. Aku sering bgt dapet trouble disini.. Diantaranya,
-Pernah ada bule arab yang ga bisa bahasa inggris, trs aku ga ngerti.. Crew lain pun ga ngerti jd coba menebak pesanannya dan singkat cerita setelah tahap pembayaran dan keluar struck.. Ternyata bukan itu yang di pesan anaknya dan udh terlanjur ke input di komputer. Alhasil untung banyak saksi langsung ditangani sama manager.
-Salah pencet komputer, harusnya mau ngediskon eh malah ngegratisin, ini fatal bgt wkwkwk! Maksudnya mau sok ngediskon temen hihi malah salah. Kena marah deh.
-Pernah juga kurang 16rb kayanya sih awal2 belajar mesin edc yg buat pembayaran non tunai dan harus ngegantiin hmmm.. Mana pas itu cuma bawa uang 20rb doang dari rumah, untung masih bisa buat ongkos angkot fiuhhh..
Runner, ini juga merupakan station yang sulit. Harus gesit dan ekstra cepatt.. Harus menyajikan makanan/minuman sesuai yang dipesan dan sesuai urutan di brown tray. Disini aku cenderung blm terlalu gesit apa lagi kalo makanan/minuman itu di take away. Ribet bgt harus di bungkus nya biar ga tumpah, di dobel plastiknya, condiment jgn lupa kadang kalo happy meal mainannya juga jgn lupa.
Pernah suatu ketika disaat weekend, aku menyaksikan suatu tragedi yaitu 'tragedi dada ayam'. Kala itu sedang ramai2nya,  kebetulan ada 3 front cashier yang buka dan semuanya crew baru termasuk aku di pos 2. Semua yg jadi runner crew2 lama dan semuanya wanita memang. Mereka sudah terbiasa bergerak cepat. Tiba-tiba ada seorang mba2 bertubuh agak besar bersama pasangannya memesan paket ayam dengan nasi ke pos 1 (yang jadi cashier temen seperjuanganku, sama2 crew magang). Setelah di total, sang pengunjung baru bilang bahwa dia mau ayam bagian dada mentok, namun alhasil tidak terinput ke komputer makanya dilakukan secara manual dari seorang kasirnya ke runner. 'Teh, mba ini minta datok ya', kata temen ku ke runner-nya. Karena stok ayam menipis jd sebetulnya ga bisa request ayam dan banyak sekali customer membuat kondisi semakin riuh dan sangat cepat sampai2 runner pos 1 salah memberikan ayam (tidak ngeh). Tiba2 mba2 sama pasangannya itu marah dan menggebrak meja kasir deket aku 'SAYA MAU DADA MENTOK, MBAAAA! KAN TADI SUDAH REQUEST. GIMANA SIH?!!!!!'
Aku langsung refleks bilang 'sabar mba sabar..'
Runner yang cashier 1 memang lupa karena banyaknya customer yang memesan sangat membuat pusing. Stok dada pun memang menipis jd di berikan seadanya (no request condition). Sudah di berikan pengertian malah tetap marah2 dan kearah ngamuk. Tp setelah diusahakan, sang costumer mendapatkan dada mentoknya namun tetap pergi dengan wajah jutek abis penuh emosi.. Aku rasa dia menjadi garang karena lapar deh wkwk. Kalo berada disaat itu kita kaget dan sedikit panik gitu, tp kalo di inget lagi kejadian itu pasti lucu bgt bayanginnya.
Kondisi2 yang crowded di front counter itu memang sering trouble, apalagi saat weekend atau menjelang buka puasa saat bulan Ramadhan. Ngantrinyaa puanjaannnngg bgt, sampai hayati lelah senyumin orang terus hihi.
Sebenernya masih banyak pengalaman lain kaya pas di kitchen gitu tp cuma sedikit karena aku baru ahli (wedehhh ahli wkwk) sampai front counter doang. Semoga yang baca terinspirasi dan penasaran ingin coba ya hehe. Bukan maksud aku memberi tahu capenya kerja di McD, atau beresikonya kerja di McD.. Hanya sharing aja, toh memang setiap pekerjaan ada resiko da keunikannya masing2. Over all, aku seneng bgt kerja di McD! ❤

Note:

Berhubung antusiasme permintaan CV dan CL yang tinggi di email sampai overload dan takutnya saya slow respon, sekarang bisa langsung download saja ya di GDrive dengan link berikut


terimakasihh!

You May Also Like

42 Comment

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ka kebetulan aku mau nglamar di mcd tp aku masih bingung karena aku mau nyusun skripsi (hehe curhat) disiisi lain aku pengen kerja, menrut kaka nnti berpengaruh ga ya ke skripsi ku. Dan aku pengen liat contoh surat lamaran kerja kaka dong, mohon dibls ya ka 🙏terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik kamu fokus dulu aja ke skripsi utk skrg, sebentar lg kamu kan lulus trs baru deh kerja hehe. Takutnya kalo blm pernah kerja sambil kuliah blm ngerti cara bagi waktunya malah nanti jadi keenakan kerja trs skripsimu terbengkalai. Boleh, tp kamu email saya aja ya untuk meminimalisir saya lupa soalnya.

      Delete
  3. Ka, mau nanya hari senin nanti aku dipanggil buat OJE di mcd suruh bawa name tag. Itu bikin sendiri atau gimana ya? Aku ga ngerti soalnya
    Trus kalo buat yg ga hijab, rambutnya dikuncir atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepertinya bikin sendiri deh mungkin untuk mempermudah crew lain atau manager mengenal kamu, waktu itu mah kalo oje aku blm disuruh. Kalo yg ga hijab memang harus dikuncir

      Delete
    2. @Hasna Naurah kalo boleh tau kamu nungguin dari nyimpen lamaran sampe di panggil itu brapa lama ya? *pengen tau, soalnya saya udah 3mingguan mash belum ada pnggilan :')

      Delete
  4. cek imel mbaa saya minta contoh lamaran part time haturan27@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Teh boleh minta contoh lamaran nya ? ini email aku dita.rahma407@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu email saya saja ya meminimalisir saya lupa

      Delete
    2. Hai kak aku baru bgt nemu blog ini dan sudah baca mengenai pengalaman kakak sebagai pekerja part time di McD. Saya berniat untuk melamar pekerjaan part time disana, kalau berkenan boleh gak ya saya minta cv cv a surat lamaran kakak untuk sebagai contoh? Ini email saya kak, honeeybee1997@gmail.com terimakasih kak. Semoga di balas��

      Delete
  6. Asalamualaikum Kak, benar kata kaka selama OJE itu sangat melelahkan sampe pegel pegel sampe ada benda kuning saat bersihin toilet :(. Oiya Saya mau tanya ka, kalo paling lama di panggil manager setelah OJE itu berapa hari ya ka?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha di bawa enjoy aja yaa, memang setiap pekerjaan ada resikonya. Waktu itu aku pas banget seminggu setelah oje di panggil lagi. Maaf ya balesnya telat

      Delete
  7. Kak, boleh minta emailnya gak? Aku mau cerita plus nanya nanya nih soal kerja part time, karena ini pengalaman pertama aku dan baru aja proses masukin lamaran. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  8. Kak, aku boleh minta contoh cv dan surat lamarannya gak? sudah di email kok hehe, terima kasih sebelumnya☺

    ReplyDelete
  9. Jejeeee.. berkesan banget nih di McD yaa.. walopun capek. Wahaha .. over all sy seneng bacanya. Ditunggu postingan soal kekeluargaannya yaa. Jgn lupa di tag :D semoga masih inget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Dyas.. apa kabar? Ya ampun malah jeje makasih pak dyas mau baca tulisan acak2an Jeje wkwk. Kangen McD nih pak hehe tp sekarang Jeje udh di bekasi. Pak Dyas ttp di BIP pak?

      Delete
    2. Alhamdulillah sehat Je. Semangat trsnya walopun gak di McD tapi ttep donk ilmunya masih nempel. Apalagi kalo belanja di mcd manapun ada sedikit bangga gitu kan pernah jd bagian didalemnya. Hahaa mereun. Skrg pindah ke setiabudhi. Kalo balik bandung mampir yakk. Diantos

      Delete
    3. Alhamdulillah ilmunya pak masih nempel hehe, keinget trs kalo ke McD wkwk jadi engga mereun pak wkwk. Ke Setiabudi sama bu Ayya pak? InshaAllah kalo ke Bandung mampir hehe tp ga pasti bisa ketemu pak dyas juga sih ya pak hehe

      Delete
  10. Siang Ka Jessy!
    Haloo, ka aku Rizka, yg lg cari part time an juga ka. Aku mau nanya doong ka. Cara masukin lamaran nya langsung di store mcd nya, cara nya gimana ya ka?

    Sbelumnya,, makasihh kaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal iseng main aja ke store McDnya sambil beli ice cream hehe.. ga beli juga gapapa sih.. trs langsung titipin lamarannya ke kasir atau crew yg lain

      Delete
  11. Kak.. saya boleh minta contoh cv dan surat lamarannya tidak? Sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
  12. Kak saya Minta CV Lamaran Kerja Part time di MCD ya kak, udah saya Kirim Email, dhifan1998@gmail.com terima kasih kak

    ReplyDelete
  13. Untuk pakaian cowo harus pakai topi atau gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake, kan memang seragamnya pake topi jd harus dipakai sesuai SOP nya

      Delete
  14. Ka aku besok ada panggilan di mcd, tahapan pertama pas ada panggilan itu ada tes psikotesnya ga atau langsung interview aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru membalas 🙏 lamgsung interview kalo di McD ya. Gmn lancar kah?

      Delete
  15. Hi, aku boleh minta cv sm surat lamarannya juga gak kak?

    ReplyDelete
  16. Ka Ka terima kasih udh nulis pengalaman part time, saya jadi ada bayangan sedikit gimana kerjanya. Btw aku juga mau lamar kerja part time ka, boleh minta contoh cv yg kakak bikin ga? Saya sudah email kakak...
    brazzavileaugust@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Kak mau nanya, kalo udah dipanggil oje itu otomatis udah keterima atau masih seleksi lagi?

    ReplyDelete
  18. Terima kasih udh mau berbagi pengalamannya kaa..

    ReplyDelete
  19. Kak mau tanya. Waktu itu kakak masukin lamarannya itu langsung dateng ke tempatnya atau online kak? Dan aku boleh lihat contoh cv kakak juga gak?

    ReplyDelete
  20. hai jessy, kalau berkenan boleh minta contoh surat lamaran dan CV punyamu gak? aku udah email kamu.

    ReplyDelete
  21. Mbak saya boleh minta contoh cv dan surat lamarannya ? Sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
  22. Hai kak jessy! Seneng banget baca pengalaman kerjanya kak jessy! Jadinya aku kepingin juga buat part time di McDonald, Tapi kendalanya aku ini masi SMA, Kira-kira bisa tidak ya saya ngelamar buat part time buat ngisi hari libur juga kak, sekalian nyari pengalamam kerja gitu , menurut kaka baiknya gimna ya kak?

    ReplyDelete
  23. Kaka waktu ngelamar dulu pas ada loker atau langsung ajuin aja? Makasih kak jeje

    ReplyDelete

Popular Posts