Diet Ampuh?! Ini Background Stories-nya.

by - April 01, 2018

[Assalamualaikum,]

Hi Licensees!

Di tulisan kali ini aku bakal sharing tentang diet. Sebelum mereview, di post-an ini aku mau cerita latar belakang kenapa aku merasa harus diet.

Seumur-umur aku ga pernah diet2 an karena dari kecil sampai umur 21 tahun, berat badanku selalu stabil dan sesuai dengan tinggi aku. Aku selalu ga neko-neko makan apapun tanpa takut gemuk. Makanku banyak banget dan ga ada pantangan makanan apapun.. Hal itu bikin org2 nanya kenapa aku makannya banyak tp ga pernah gemuk. Semenjak SMA aku udh ga bertumbuh tinggi lg dan mentok di sekitar 155cm (aku pendek bgt). Berat badan terakhir ku dari SMA sampai umur 21 tahun mentok di 45kg ga pernah naik atau turun. Kalo katanya sih (pernah dapet rumus ini dari pelajaran 'penjaskes' di SMA) berat badan ideal itu rumusnya adalah TB(Tinggi Badan) - 110.
So, berat badanku termasuk ideal karena 155-110=45. Sempet turun sih jadi 42kg saat aku kerja sambil kuliah.

Lalu aku berhenti kerja dan memutuskan fokus ke semester 7 dan 8 menghadapi praktikum dan skripsi padahal kuliah udh tinggal 3 mata kuliah lagi. Sebab kuliah seminggu bisa cuma sehari/dua hari bahkan di semester 8 udh ga ada kuliah. Kemudian aku keluar dari kosan (daerah Cikawao, Kota Bandung) dan lebih memilih tinggal dengan nenek di daerah Soreang, Kab. Bandung. Jarak ke kampus ku yg di Kota Bandung sekitar 20km kalau pakai motor sekitar 1-1,5 jam tp ya ga setiap hari sih. Saat pindah ke Soreang, berat badan ku di bulan September 2017 kembali ke 45kg. Di akhir bulan Oktober 2017 pun berat badanku masih stabil 45kg karena baju jumpsuit ku ukuran L kecil masih aku pakai.

Namuuuunnn....

Tepat banget 2 minggu kemudian, saat aku ingin memakai jumpsuit yang sama, pas di bagian pahaku, baju itu tidak bisa masuk sama sekali. Kaget banget kan soalnya baru 2 minggu ga di pakai! Tp masih semasa bodo aja sampai di bulan Desember  aku iseng menimbang badan dan hasilnya aku 52kg! Wow bgtttt! Hampir semua celana jadi ga muat, tp kalo baju masih pada muat.. Karena aku cenderung besar di kaki terutama paha. Badan tidak gemuk sih tp keliatan lebih berisi.
Aku mulai was-was dengan perubahan itu karena kebanyakan di keluarga besar ku banyak yang memiliki masalah kegemukan. Namun hati blm niat melaksanakan diet karena malas hihi. Dan merasa pola makan aku dr dulu sampai skrg masih sama aja. Dan di bulan Maret 2018, berat badan ku bertambah lagi 2kg menjadi 54kg! Menurut orang lain mungkin angka ini masih tergolong biasa.. Tp Astagfirullah! Ini udah parah menurut aku karena semakin aku bertambah gemuk, semakin aku terlihat bantet karena tinggi badan aku yang hanya 155cm dan aku sangat kesulitan dalam hal berpakaian. Apalagi untuk urusan celana. Bayangkan saja selama dari bulan Oktober-Maret (sekitar 5 bulan) aku naik 9kg!

Di umur aku yg 22 tahun kini, aku baru merasakan bahwa menimbang berat badan itu merupakan hal yang HORROR!! Padahal td nya heran sama orang yg sensitif bgt sama berat badan dan aku baru merasakannya sekarang.. Katanya kalo sudah nikah dan berkeluarga biasanya barulah jd gemuk, loh tapi aku kan belum nikah kok udh kearah menjadi gemuk?
Perubahan naiknya berat badan aku keliatan bgt, kaya muncul strecthmark di bagian2 yang membesar sepert paha dan betis, pipi bertambah bulat, lebih sering sakit (kalo kata aku ngaruh sih).

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa aku harus menjalankan diet! Ada dua opsi diet sih, diantaranya:
Pertama, saran dari adik ipar nenek aku yaitu no-carbo.
Pasti semua org tau diet ini yg tidak menganjurkan makan makanan yang mengandung karbohidrat kaya nasi, kentang, dll. Konon adik ipar nenek aku dulu didiagnosa memiliki kadar kolesterol tinggi sekitar 300an, trs krn tidak makan nasi selama 4-5 bulan dan tidak adanya  pantangan makan2an yang berlemak seperti baso kadar kolesterol justru jadi stabil dan tentunya di sertai turunnya berat badan.
Kedua, military diet.
Tau diet ini dari kakak tingkat yang satu kosan. Dia pernah coba dan dalam 3 hari memang turun sekitar 3 kg. Tapi memang harus ada modal sih hehe.

Lalu, diet mana yg aku pilih dan ampuh ga ya???
Dan gimana hasilnya?

To be continued Licensees..
[Wassalamu'alaikum]

You May Also Like

0 Comment

Popular Posts