Hati-hati Belanja lewat Instagram!

by - April 16, 2019

[Assalamualaikum,]

Hi Licensees!

Hati-hati belanja online! Terutama lewat akun2 Instagram. Tidak sedikit akun-akun Instagram yang tidak terpercaya. Saya mengalami pengalaman tertipu oleh salah satu akun di Instagram.

Tepat satu tahun lalu kejadiannya. Berikut kronologisnya:

30 April 2018, saya pesan 2 buah kaftan  untuk pre order 2 minggu yg tertera di ig @diamondjakarta1(telah hilang akunnya di instagram).
Akun Instagram Penjual

Ibu saya meminta saya agar mencari baju lebaran dan memang ibu saya dan saya sengaja pesan baju jauh2 hari agar tidak mepet nantinya. Kebetulan pengen seragaman warnanya dengan ibu tp beda model. Akhirnya tertariklah saya dengan akun instagram itu. Saya memilih akun instagram itu karena saya ingin model baju model kaftan dan custom sendiri dan kebetulan modelnya memang bagus-bagus di feed instagramnya. Follower nya sekitar seribuan awalnya namun sempat naik ke 4rban dan pengiriman dari Jakarta.
Setelah dihubungi lewat WhatsApp, respon penjual pun baik dan menyanggupi pesanan kaftan saya karena dia menyebutkan bahwa dia konveksi sendiri bukan ambil dari orang lain.

Singkat cerita, saya pun kemudian transfer sejumlah 340rb dgn rincian: (bukti tf kehapus huhu) Rp. 165.000,00 x 2pcs = Rp. 330.000,00
Ongkos kirim Rp. 10.000,00
Total Rp. 340.000,00
Saya transfer ke bank BCA an Nadir* dengan no rekening 00440521**
Model baju 1

model baju 2 dengan warna yang sama dengan model baju 1
  • 2 Minggu kemudian, tepatnya 15 Mei 2018, saya konfirmasi apakah baju saya sudah selesai karena perjanjiannya yaitu 2 minggu selesai. Penjual bilang ternyata ready senin depan dikirim.
  • Tanggal 21 Mei 2018 saya chat penjual lagi tp lagi2 dia janji jadi senin depan karena katanya penjahitnya pada pulang kampung.
  • 28 Mei 2018, dia bilang hari itu dikirim tp minta resi di read doang. Tgl 29 Mei, saya chat lagi ttp di read doang lagi. 
  • Pada 30 Mei 2018, ternyata penjual bilang baru mau dikirim karena kemaren tgl merah (entah saya luma tanggal merah karena libur apa). 
  • 31 Mei - 3 Juni 2018, ditanya resi di WhatsApp hanya di baca namun tidak ada balasan. 
  • 4 Juni 2018, katanya sore mau kasih resi tapi saya tunggu balasan tidak ada lagi.
  • 5 Juni 2018 pun saya di chat lagi dan lagi hanya di baca saja terus.



  • Akhirnya, 6 Juni 2018, saya dan temen2  bertindak spam komentar dan direct message di instagram tapi saya dan temen2 malah di blokir oleh penjual di Instagram. Semua komentar dari saya dan teman-teman dihapus dengan cepat kilat. Dari sebelumnya di telpon juga tidak pernah diangkat.Setelah itu di tanggal yang sama dia malah bertindak nyolot di WA, saya pun adu argumen sama dia. Bilangnya pembelinya banyak sampai ribuan dan yg kerja cuma dua org. Ada 2000 resi dan perharinya 500.
  • Singkat cerita 7 Juni 2018, dia update resi ke wa saya tanpa difoto cuma ngasih angka resi saja.. pas di track, itu resi pesenan org palembang. Trs saya protes lagi, katanya karyawannya salah kirim. Akhirnya dikasih lagi resi saya yang benar dan setelah ditrack, 7 Juni 2018 jam 15.45 ternyata barang baru dikirim ternyata padahal penjual bilang dr tgl 30 mei udh dikirim. Saya was2 bgt paket blm dateng disaat saya tgl 9 juni mau mudik, akhirnya mudiknya diundur tanggal 10 Mei 2018 besoknya demi paket itu. 

Karena kurir nya blm antar paketnya ke rumah, saya berinisiatif untuk mengambil paketnya langsung ke tempat collecting point ekspedisinya.

Setelah dirumah, paketnya saya buka dan isinya zonk bgt ternyata! 100% yg dikirim beda sekali dengan pesanan saya. Warnanya benar, tapi bukan kaftan malah gamis yang jahitnya pun asal-asalan bgt.. bahannya baloteli yang keras dan panas. Astaghfirullah!



Saya protes lagi, dan di read aja seperti biasa tidak ada balasan. Penjual bilang alasannya salah kirim paket. Tapi saya yakin memang itu paket buat saya.. lah warnanya sama banget sama yg dipesan dan pas bgt jumlahnya 2 baju hanya saja bukan berupa kaftan tapi gamis asal-asalan. Minta refund atau dituker, penjual ga ada kabar lagi. Saya dan temen-temen saya pun cari tau track recordnya olshop itu di internet. Dan dia  pernah nipu orang sampai 1,25 juta. Trs ada org juga pesen tas 2 buah seharga 750rb tp dikirim cuma satu. Trs feedback dia (diamond.collection) di bukalapak negative semua dan kebanyakan asal2an kalo kirim baju ga sesuai pesanan.

Teman2 tetap membantu saya menghubungi penjual. Hingga sampai kakak teman saya turun tangan. Sebut saja Kak Mayang. Kak Mayang berpura-pura untuk menjadi pembeli dan memesan salah satu baju. Penjual pun merespon dan Kak Mayang langsung mengancam si penjual, tapi tetap saja dia tak mau disalahkan. Bukti percakapannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

















Sampai akhirnya si penjual terdesak dan berjanji akan me-refund dengan tetap merasa tidak bersalah. Saat saya ingin kirim kembali baju nya ke alamat penjual, dia tidak mau. Namun, memang uang telah di kembalikan. Beruntung Kak Mayang bisa mendesak sang penjual. Akhirnya, bajunya saya kasih ke orang karena haram juga kalo saya pakai haha meskipun telah di rombak.

Setelah mengalami pengalaman ini pun saya kapok untuk beli sesuatu lewat Instagram. Saya hanya follow Instagram yang rata2 memiliki nama besar dan terdapat akun marketplace nya, baik website, shopee, tokopedia, dll.

Dan baru2 ini saya menemukan akun penipu tersebut aktif kembali di instagram dengan username berbeda namun hampir mirip dengan username terdahulu.

Begitulah pengalaman saya, bagaimana pengalaman kamu saat berbelanja lewat instagram? Pernah seperti ini?

Semoga sebagai konsumen kita bisa lebih hati-hati lagi yaa..

Cukup sekian.

Bye Licensees!
[Wassalamu'alaikum]

You May Also Like

0 Comment

Popular Posts