Informasi penting pelatihan di BLK Bekasi. Gratis dan dapat Uang! [Cerita BLK Part 2]

by - February 17, 2020

[Assalamualaikum,]


Hi Licensees!

Draft ini udh berbulan-bulan tersimpan blm aku edit dan sekarang baru rampung hehehe 😅 

Kalau sebelumnya aku cerita tentang drama seleksi penerimaan pelatihan yang bisa diklik disini.

Aku mau lanjut cerita lagi nih tentang seluk beluk pelatihan di BLK Bekasi hehe dan bakal kasih informasi-informasi umum tentang pelatihan disini 

Dibawah ini aku kasih info-info penting bgt ya dari pengalaman aku ikut pelatihan selama 3 bulan ini.

Oh iya info pertama, di BLK itu bukan cuma buat anak muda yang baru lulus sekolah aja loh, di BLK itu setau aku ga ada batasan umur, bapak2 ibu2 juga boleh loh ikut pelatihan. Kali aja dati skil yg didapet bisa buat buka usaha juga kan ;)

Lanjut lagi nihh ke info lainnya,

Berikut rutinitas dan jadwal selama pelatihan kelas malam di BLK Bekasi adalah sebagai berikut:

- Apel sore sebelum masuk kelas selama kurang lebih 15 menit (waktunya tentatif sekali terkadang dimulai pukul 16.15, kadang pukul 16.30). Saat apel itu biasanya sang ketua kelas atau org yang berbaris paling depan harus melaporkan anggotanya yang mengikuti apel sore dan yang tidak mengikuti apel wajib dengan memberikan alasan. Lalu dilanjutkan dengan amanat dari pembina apel sore dan terakhir absensi untuk apel. Yaaa, absensi apel tuh pokoknya penting soalnya nanti berpengaruh dengan uang transport yang kita dapet wkwkwk.

- Pelatihan kelas malam di BLK Bekasi itu waktunya dimulai pada pukul 5 sore sampai pukul 9 malam dari senin-jumat tentunya.

- Selama 2 minggu pertama, seluruh kelas (1angkatan) masih digabung dulu untuk mengikuti softskill (pembekalan) yang dilakukan biasanya bertempat di Aula Garuda, Aula Hotel Lt. 4 atau Aula Hotel Lt. 2. Pembekalan ini ya sejenis kaya seminar gitu deh ada narasumbernya. Isi softskill nya berhubungan dengan persiapan untuk para pencari kerja.
1 Angkatan berbagai kejuruan dan jurusan Batch 1 Juli 2019. di softskill hari terakhir dan belum dapet Seragam

Motion Graphic Arts 2 Malam bersama nara sumber softskill

- Setelah 2 minggu, masing2 kelas pelatihan akan mulai memasuki lab sesuai yang di arahkan pihak BLK dan tentunya mulai pelatihan (hardskill).

- Setiap kelas pelatihan di beri waktu ishoma sekitar pukul 6 petang - 7. Tenang saja, kita tentunya disediakan makan gratis loh oleh BLK setiap hari.

- Makan dilakukan bersama-sama setelah selesai menunaikan solat magrib. Makan di adakan di kantin BLK. Biasanya kelas yang Non-Boarding kebagian di lantai 2.

- Diakhir periode pelatihan, setiap kelas pelatihan akan dijadwalkan untuk ujian (tertulis, praktek, dan wawancara) demi mendapatkan sertifikat Kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)


Nah, itu sekilas informasi mengenai rutinitas dan jadwal pelatihan kelas malam di BLK Bekasi. Sekarang aku ceritain yg menggiurkan selain dapet makan nih wkwk.

Hak sebagai peserta pelatihan BLK:
• Makan (masakan rumah) dan kamu akan sering menjumpai ikan berbagai jenis dan di masak berbagai sajian wkwk. Kita harus berterima kasih nih sama bu Susi hehe kita jadi makan ikan setiap hari 😅. Sayang ga ada fotonya huhu
• Modul/Buku penunjang pelatihan. Sebagai anak Motion dapetnya buku ini yaa. Lumayan bgt
Tebell.. dan kalo di G*amedia mahal katanya
• Flashdisk OTG S*ndisk 32 GB uhh lumayan bgt kan yaa
ada tipe yang transparan, ada yang gini
• Name Tag BLK
Jangan terpaku tanggalnya ya soalnya kadang ga sesuai
• Tas merek BLK Bekasi 😂
Udah jelek dan belum dicuci karena dipake terus selama pelatihan haha
• 2 baju seragam (sesuai pelatihan yang diambil) BLK sama 1 stel seragam Olah raga BLK. Dipake selama periode pelatihan ya dengan bawahan hitam (selain jeans).
Seragam Rutin Merah ini khusus yang kejuruan TIK dipakai senin-kamis, Jumatnya batik. Olahraga ga pernah dipakai kalo yang kelas malam haha
• ATK terdiri dari 1 buah buku tulis, 1 buah Pulpen, 1 buah pensil mekanik, 1 pack isi pensil mekanik, 1 buah penghapus dan 1 buah penggaris 30cm.
Penggarisnya hilang jd ga ke foto haha. Bukunya juga udh jelek soalnya di pakai untuk catetan selama pelatihan
• Uang Transport! Rp 25.000/hari. Kalo masuk full total uang yang didapet Rp 1.600.000.
• Sertifikat Kompeten dari BLK Bekasi
Sertifikat Pelatihan yang dikeluarkan BLK
• Sertifikat Kompeten dari BNSP*
*Jika lulus ujian
Serttifikat BNSP untuk Motion Graphics
• Nah ini sebagian ada yang dapet BPJS Ketenagakerjaan loh per bulan selama kita mengikuti pelatihan aja senilai sekitar 25rban/bulan gatau lupa hehe. Dikasih info lewat sms biasanya tp kalo aku ga dapet entah kenapa, ga aku tanyain juga 😅


Itulah informasi umum yang bisa aku bagi mengenai Pelatihan di BLK Bekasi yang di tahun 2019 kemarin aku ikuti. Tapi sedih sih dokumen fotonya kurang lengkap soalnya hp rusak dan foto2 banyak di hp yang rusak ☹️

Btw, Semoga Bermanfaat!

Dan semakin banyak yang tertarik ikut pelatihan untuk menambah skill demi bersaing di dunia kerja hehe.

Note:
Ada tulisan selanjutnya mengenai apa saja sih yang di latih dalam pelatihan selama 3 bulan itu hehe, baca disini yaaa !

Bye Licensees!

[Wassalamu'alaikum..]

You May Also Like

0 Comment

Popular Posts