Jadi Anak Motion Graphics Arts di BLK Bekasi [Cerita BLK Part 3]

by - February 19, 2020

[Assalamualaikum,]


Hi Licensees!

Cerita tentang daftar BLK udah, info-info tentang BLK udah (yang belum tau fasilitas mantap BLK baca [klik disini] ya), nah.. Ini tulisan terakhirku tentang BLK nih hehe. Cerita tentang.... Belajar Motion Graphics di BLK! Aku akan cerita dari sudut pandang seorang yang sama sekali belum pernah menyentuh dunia per-komputer-an wkwk alias ga punya background TIK sama sekali!

Karena cerita sebelumnya tentang masalah saat penerimaan [klik disini]
Takdir aku masuk di kelas Motion Graphics Arts 2 Malam.

Di Motion Graphics Arts 2 Malam ini total ada 12 peserta pelatihan dari berbagai background pendidikan dan usia wkwk. Tp kebetulan aku dapet kelas yang isinya anak muda semua sih hahaha azeekkk 😂 Anggap aja semuanya seumuran wkwkwk
Nih fotonya liat ya hahaha
Kurang satu orang ini fotonya

Ternyata aku ga sendiri sebagai orang yang 'buta' dunia per-motion-an wkwk, beberapa ada juga yang awam bgt nih, termasuk ketua kelasnya! hahaha mungkin dikira-kira yang ga ngerti sama sekali itu ada 4 org eh atau lebih ya?😅 Tp diakhir, kita jadi 'hampir' setara lah ya kemampuannya (kalo anak motion baca pasti ga setuju nih wkwk)
Oke lanjut ya hahaha

Oh ya, setiap kelas wajib ada Ketua Kelas ya buat ngurusin semua hal di kelas selama pelatihan. Buat koordinasi juga sama PICnya atau wali kelas.

Setiap kelas dapet penanggung jawab (PIC) nya masing-masing hehe, tugas PIC ngurusin absen, uang transport kita trs kalo ada masalah-masalah berkaitan peserta gitu kita selesaiin bareng PIC. Kita dapet Pak Fadil untuk PIC nya.
Pak Fadil PIC (yang beda sendiri bajunya pokoknya)
Untuk urusan lab, masing2 kelas juga dapet wali kelas untuk lapor2 kalo blm dapet Flashdisk wkwk atau komputer/mouse di lab ada yg error, AC dan urusan teknis lainnya. Kita dapet Pak Reza untuk Lab 5.

Yaa, Motion Graphics Arts 2 malam ini dapet Lab 5 yang setiap peserta di mejanya ada 2 monitor PC dong 😎 kalo ga salah masing2 RAM nya berkapasitas 32GB. 
Perangkat PC dengan 2 monitor memudahkan banget untuk kita yang sedang belajar motion

Software yang dipakai adalah Blender (versi 2.79).
Logo Blender Software
Kita dapat tutor namanya kak Elisa, jago banget deh! Yaiyalah ya makanya jd tutor juga haha
Kadang juga ada Kak Bella tutor kelas motion lain suka sesekali gantiin kak Elisa. Tp di 1 bulan terakhir Kak Elisa dan Kak Bela Resign jadi diganti sama Kak Gusti.
Anak Motion bareng Tutor (Kak Elisa dan Kak Bela)
Ini anak Motion sama Tutor di sebulan terakhir wkwk (Kak Gusti). Tebak yang mana Hayoo

Perkenalan buat kelasnya cukup yaa, sekarang kita beralih ke materi pelatihan.

Di pertemuan pertama, kita teori pengenalan apa itu software blender, shortcut dan istilah2 di dalamnya. Secara khususnya aku bener-bener ga pernah tau, ga pernah liat bahkan ga pernah praktekin itu software haha yg aku tau blender buat ngejus aja. Tapi beberapa temen tau sih soalnya ada yg dari background IT, Broadcasting, dan SMA Multimedia.
Hari berikutnya dan selama satu bulan pertama, kita cenderung menggabungkan teori dan praktek yang basic-basic dulu lebih ke modelling 3D sih pakai fitur2 di Blender ini. Aku inget banget kita mulai dari bikin Basic Train hehe
Hasil Pertamaku (Basic Train)
Basic Chair

Dari situ kita bakal tau dasarnya hehe kaya mesh, dimension, extrude, object mode/edit mode, texture dsb.

Trs mulai-mulai masuk ke modelling 3D yang bergerak-gerak hehe kenal yang namanya Particle Emitter, Fluid, Cloth and Collision, UV maping, pokoknya banyak lagi deh. Wuihhh mantep ya udah kaya kece banget ngomongin istilah gitu wkwk berasa animator gadungan wkwk. Sebelum masuk ke Modelling Character, materi terakhir yang modelling 3D itu Follow Path kalo ga salah hehe. 

Abis itu masuk bagian tersusah huaaaaa, tentu aja Modelling Character!
Dimulai dari Face Topology (ini mantap, sampai skrg masih kadang suka salah langkah trs mesti emg dipraktekin trs biar jago wkwk). Lanjut ke Body, Jari, Telinga, sama Gigi.
Karakter pertama bikinan akuuu


Udah jadi semua anggota tubuh Character nya, terus buat gerakinnya ternyata aturannya lebih susah lg hahaha kita belajar Rigging, Hub. Antar Tulang, Constraint, Weight Paint sampai tahap akhir nge-render.

Setelah semua materi kelar, waktunya kita belajar kisi-kisi buat ujian dapetin Sertifikat BNSP. Macem2 juga kisi-kisi nya Ya Allah banyak wkwk.

Di sela-sela pembelajaran pelatihan juga sempet sibuk karena kita di haruskan bikin project animasi, tapi mandek gara-gara jadwal yang berubah dan ga pasti tentang ditanggal berapa kita fix menyelesaikan pelatihan yang ditandai diumumkannya pelaksanaan tanggal ujian. Jadi bikin kita bingung lebih fokus ke belajar kisi-kisi ujian atau bikin project hmm ☹️ padahal hampir seluruh modelling udh selesai loh, trs setiap minggu sampai kumpul buat lanjutin project huhu sedih
makan-makan atau kerjain project nih? hehe
Di Base camp kita haha

Jadinya kita kehilangan semangat buat nerusin gara-gara problem jadwal itu☹️. FYI aja, padahal aku yang dapet mandat bikin karakter utama loh haha meski ujung2nya di benerin juga sama Kak Elisa wkwk.
Sampai kita pun pinjem Creative Room BLK Bekasi yang buagus bgt itu buat nerusin project kita yang ketunda. Perangkat PC di Creative Room lebih mantep bgt loh mumpuni buat bikin animasi dari pada yang di lab. Yang di lab aja aku udh ngiler banget pengen bawa pulang haha. Oh iya animasi anak-anak BLK terdahulu yang udh terbit tuh judulnya Nano, Nano 2, trs yang terbaru judulnya Alif. Bisa diliat di Youtube yaa.
Foto kelas motion kita pas Launching film animasi ALIF bareng kakak-kakak yang bikin animasi nih. Ditayangin film animasi Nano juga


Oke balik lagi ke project...

Akhirnya kita tidak meneruskan project itu karena waktu mepet dan sebagian anak2 di kelas udh mulai sibuk dapet kerja wkwk secara kalo sebelumnya pengangguran semua. Dan kemudian malah lebih tertarik bikin project lain setiap sebelum mulai belajar. Project apa? Project main undercover!😂😂😂😂 Emang bocah bgt ya kita mikirinnya masih main😅
Jadi ga stress2 banget sih ya jdinya. Kadang suka ngakak kalau inget main itu sama anak2 motion pake hape aku yang retak-retak dan LCD nya sedikit item gara2 kelindes motor. Loh jd cerita itu ya wkwk. 

Oke akhirnya sampai juga perjalanan kita menuju finish yang ditandai keluarnya pengumuman tanggal ujian!
Jadi kita mulai pelatihan di tanggal 1 Juli 2019 dan ujian di tanggal 28 September 2019.
Pokoknya kita harus luangin waktu sehari di tanggal ujian. Kasian kalo yang kerja ga bisa ijin otomatis ga bisa ikut ujian ☹️ sayang kan udh ikut pelatihan tapi ga bisa ikut ujian dan ga dapet sertifikat BNSP

Ujian diadakan hari sabtu jadi dimulai dari pagi. Sebelum jam 8 pagi kita harus sudah sampai di BLK karena ujian dimulai Jam 8 pagi.
Pengujinya ada 2 orang, sekelas kita di bagi dua juga dapetnya penguji yang mana.
Ujian pertama, ujian tulis, ada PG sama Essay tp lupa berapa soal hehe. Trs ada tambahan soal untuk prakteknya juga. Waktu itu dapet suruh modelling karakter Minion!😅
Seadanya karena ada deadline waktu pengerjaan. Tampak Depan
Tampak Samping
Tampak Belakang wkwkwk

Alhamdulillah lah yaa segitu mah lancar.
Selesai ujian tulis dan praktek sekitar sampai dzuhur lah. Dilanjut ada sesi wawancara bergantian, pokoknya ditanya2 soal yang kita kerjain tadi pas ujian tulis dan praktek untuk memastikan penguji juga sih kita layak dan kompeten atau tidak.
Semua tahap ujian selesai pada pukul 3 sore.

Akhirnya selesai sudah lah kita pelatihan selama 3 bulan hehe. Dihari itu juga kita langsung dapat Sertifikat dari BLK sama uang hasil kita masuk selama pelatihan langsung cair hahaha. Trs kumpul2 dulu deh sama PIC kita hehe sharing kesan-pesan. Sama foto-foto. Ahhh jadi kangen deh masa-masa itu haha kaya berasa sekolah lg cuma bedanya lebih private aja ini wkwk.

Sertifikat BNSP keluar mungkin sebulan setelah kita selesai ujian dan bisa di ambil ke Kios3in1 di BLK (sampai saat ini masih blm sempet ambil sertifikatnya ☹️). Dan aku ga nyangka loh lulus dan dapet predikat Kompeten sebagai Young Animator haha. Padahal tadinya 0 banget pengetahuan aku tentang bidang ini.

Itulah cerita selama aku ikut pelatihan Motion Graphics Arts di BLK Bekasi selamat 3 bulan. Banyak banget deh yang aku dapetin selama pelatihan, mungkin banyak yang ga keceritain juga di tulisan blog ini hehe soalnya tujuan aku nulis ini juga buat ngasih informasi tentang BLK dan tentunya pelatihan yang aku ambil barangkali ada yang tertarik dan mau ikut pelatihan hehe.

Kalo masih ada yang ingin ditanyain bisa di kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat!

Bye Licensees!

[Wassalamu'alaikum..]

You May Also Like

0 Comment

Popular Posts