Drama Seleksi Ikut Pelatihan BLK Bekasi. Kepoin sini! [Cerita BLK Part 1]

by - October 23, 2019

[Assalamualaikum,]


Hi Licensees!

Kali ini aku bakal berbagi pengalaman mengikuti seleksi untuk masuk pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) -biasa disebut orang BLK atau Cevest- Bekasi. Sebelumnya, tau ga sih apa itu BBPLK? Aku akan jelaskan sedikit mengenai BBPLK ini ya..

Sumber: Twitter BBPLK Bekasi


Story Telling Lembaga

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dikenal juga dengan nama Centre for Vocational Extension Service Training (CEVEST). Nah lembaga ini dibuat dibawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker). Ini dibuat mungkin untuk menjawab tantangan yang berupa fakta bahwa populasi pengangguran semakin banyak dan kebanyakan pula pengangguran itu tidak memiliki skill mumpuni untuk dapat bersaing.. -ini lagi ngomongin diri sendiri ya😂-
Tenang aja nih, BBPLK ini bukan cuma ada di Bekasi kok, banyak juga cabangnya di daerah lain kaya di Bandung, Padang, dll. Dan di setiap daerah juga kejuruannya berbeda-beda. Jadi, misalnya kamu mau ikut pelatihan tentang pertanian bisa ikut pelatihan BBPLK yang di Bandung. Eits, gausah mikir ribet terus bakal ngabisin duit buat ongkos sama tempat tinggal soalnya semua akan ditanggung oleh pemerintah.. mantap ga tuh? 🤤

Nah ini penjelasannya yaa, jadi pelatihan disini ada dua jenis juga, Boarding dan Non-Boarding. Apa bedanya?
Kalo Boarding itu kita dikasih fasilitas asrama, biasanya khusus yang tinggal diluar area bekasi. Tenang aja kok, itu disiapin khusus dan gratis!
Nah kalo Non-Boarding sebaliknya, yang ga usah nginep di asrama alias rumahnya deket hehe. Nah kalo aku pilih yang ini hehe.

Coba aja main2 kesana untuk tanya2. Ke gedung kios3in1 yaa.
Oh iya nanti jangan kaget kalo kamu lg jalan sekitaran Kios3in1 sama Poltekker di BBPLK Bekasi, tiba2 kadang suka ada beberapa muda-mudi berpakaian putih hitam ngucapin salam pake bahasa Jepang dengan lantang bahkan sedikit berteriak sekaligus hormat membungkuk sama kamu karena BBPLK punya program magang ke Jepang loh! Itu ada mungkin pada sejarah awal mula yang aku baca karena BBPLK didirikan pada tahun 1985 dengan bantuan dari pemerintah Jepang sebagai bentuk kerjasama dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan ASEAN.

Kalo di BBPLK Bekasi sendiri setau aku sekarang memiliki 4 kejuruan yang bisa diikuti, yaitu:

1. Teknik Elektronika
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
3. Refrigerator
4. Perhotelan

Dibawah ini aku akan beri gambaran poster/brosur yang aku catut dari media sosialnya BBPLK Bekasi -setelah ini akan ditulis hanya BLK- ini untuk keterangan lengkapnya..

Kelas Pagi

Kelas Malam

Motif Pel(aku) 😅

Penjelasan singkat BLKnya udah ya, sekarang masuk ke cerita aku sesungguhnya haha..
Kira-kira ada yang kepo ga ya, kenapa aku antusias banget mau masuk BLK? Kalau ada -ini kalimat pengandaian ya wkwk-, ya alesan termotivasi nya sih kayanya umum aja deh wkwk, diantaranya:

1. Mengisi waktu luang sang pengangguran agar upgrade jadi pengacara (pengangguran banyak acara) hihi.
2. Nambah wawasan dan terutama skill sih. Soalnya aku merasa aku ga punya kemampuan apapun yang 'menjual' dari diri aku. 4 tahun kuliah ya kebanyakan belajar teori. Berbeda sama lulusan SMK/D3 yang siap kerja.
3. Nambah teman. Ini sih paling menarik, soalnya nanti bakal ketemu orang baru dari berbagai latar belakang dan umur hahaha
4. Nyari duit wkwk. Meskipun ga seberapa sih, tapi ya lumayan kan dari pada di rumah ga ngehasilin duit wkwk.
5. Ngumpulin sertifikat. 
Dengan dorongan motivasi diatas, aku dan juga salah satu temanku mencoba mendaftar untuk mengikuti pelatihan ini yang memang sedang membuka pendaftaran.

Tahap Seleksi (Drama 1)

Pada pagi tanggal 21 Mei 2019, aku dan temanku mendaftar lewat website yang link nya di bawah ini: 


Kami bersamaan memilih Graphic Design wkwk dan berjanji kalo hanya bisa salah satu saja yang masuk atau bahkan kita berdua ga masuk yaaa legowo aja.. kita saling mendukung. Ehh, taunya hari itu juga dan selang kurang lebih setengah jam aja ada balasan dari e-mail Admin BLK nya menginformasikan bahwa saya tidak lolos dan ternyata temanku pun tidak. Kami bingung, karena kita belum melaksanakan tes tapi sudah dinyatakan tidak lolos ☹️. Aku pun berspekulasi itu terjadi karena background pendidikan dan jenis kejuruan dan program yang diambil sangat tidak linier. -aku lulusan HI, yang nyempung ke design wkwk-
Aku kemudian coba re-regist lagi dengan ambil kejuruan dan program yang berbeda yaitu front office. Tapi tidak langsung ada tolakan di e-mail malah tidak ada pernyataan di tolak lagi. Oke deh akhirnya berusaha berdamai 'yaudah deh gapapa program itu juga'.. semua kan ilmu. Jadi ya bersiap tes nya di minggu kedua Juni. Temanku tidak daftar lagi karena dia hanya berminat satu program saja. Aku juga sempat mencari informasi di beberapa media sosial milik BLK Bekasi dan membaca beberapa komentarnya.. ternyata memang beberapa kali e-mail BLK ini terkadang error jadi seharusnya konfirmasi langsung pengaduannya ke kios3in1 BLK. Berarti e-mail penolakan aku sebelumnya itu salah. Namun, aku sudah terlanjur mendaftar program lain.
Pas lagi galau mau melanjutkan tes atau tidak, 18 Juni 2019 itu bertepatan BLK mengumumkan akan buka pendaftaran kelas lagi tapi kelas malam kalo ga salah di akhir Juni. Hati aku masih blm berdamai ternyata dan masih kepengen coba yang Graphic Design dong ya 😅, jadi aku memutuskan tidak datang tes untuk program front office pada hari itu dan kembali join dengan temanku untuk mencoba kembali daftar yang kelas desain.

Tanggal 23 Juni 2019, aku kembali daftar untuk kelas Graphic Design yang membedakan adalah kali ini mendaftar untuk kelas malam hahaha. Ada untungnya sih, jadi kalau siang ada interview kerja tetap masih bisa ikut pelatihannya, ga rugi ya hehehe
Besok nya langsung tes dan interview dongg wkwk.

Tanggal 24 Juni 2019, saya dan teman saya sudah sampai di BLK pada pukul 07.00 pagi. Orang-orang sudah banyak mengantri untuk pengecekan e-mail atau kode QR yang dikirim lewat e-mail. Ternyata ini tes untuk yang mendaftar kejuruan TIK saja. Satu kejuruan saja programnya banyak otomatis orang yang mendaftar banyak juga. Setelah antri, kita masuk ke kelas-kelas yang disediakan untuk mengerjakan tes tulis mencangkup tes psikotes selama 30 menit. Gimana tes nya?
Tes nya ini umum aja kok, kamu baca-baca aja di google tes psikotes untuk seleksi. Nanti pasti ada satu dua yang sama soalnya dan udah tau cara bahkan jawabannya wkwkwk.

Setelah tes tulis, dilakukan interview. Interview ini tergolong lama karena jumlah peserta setiap program banyak, namun harus mengantri menghadap satu interviewer per program sedangkan satu kejuruan ada beberapa program hahaha. Disini aku merasa memang kurang sistematis. Saya kebagian oleh ibu-ibu entah beliau bekerja di bagian apa. Secara umum beliau mempersilahkan saya memperkenalkan diri lalu beliau bertanya 'apa motivasi ikut pelatihan ini?'. Ini sepintar-pintarnya aku menjawab dengan merelasikan background saya dengan program yang saya ambil. Teman saya ternyata tidak di wawancara dengan ibu itu, namun ibu satu lagi di sebelah ibu yang mewawancarai saya. Teman saya di suruh untuk menggambar apa saja yang sedang ia pikirkan. Saya dan teman kedapatan selesai semua tahapan tes dan interview ini sekitar sebelum dzuhur. Kemudian, pengumuman akan di umumkan dua hari setelah kita melaksanakan tes yaitu tanggal 26 Juni 2019.

Tahap Masuk (Drama 2)

26 Juni 2019, saya dapat e-mail dari BLK Bekasi!
Alhamdulillah!!! Akhirnya keterima juga. Tapi, itu tanggalnya aneh ya wkwk, diumumin 26 Juni 2019 disuruh daftar ulang tanggal 20-21 Juni 2019😅. Sepertinya aku sering kedapetan human error ya.
Aku pun tidak tau time limit untuk daftar ulang sampai kapan hahaha. Temenku pun diterima tapi dia sedang berada di Jogja dan pulang ke Bekasi tanggal 30 Juni 2019. Akhirnya aku menunggu dia dan berencana ke BLK hari senin tgl 1 Juli 2019.

Senin, 1 Juli 2019 pukul 08.00 pagi, aku dan temanku membawa persyaratan daftar ulang dan ternyata hari ini sudah mulai pelatihan dan kita baru daftar ulang wkwk. Tiba-tiba.... Jeng-jengggg bak disambar petir di siang bolong -sangat hiperbola sekali ini-!! Jadi satu kelas itu berisi maksimal 16 orang, dan slot kelas malam Graphic Design tinggal 1.. WHAT??!!! Terus kenapa salah satu dari aku dan temanku tidak dinyatakan tidak diterima saja kan kalo begitu... Aku sangat kecewa sekali, otomatis hanya salah satu dari kita yang masuk pelatihan dan petugas disana menyerahkan keputusannya pada kita berdua. Itu sangat tidak adil sekali. Akhirnya kita mencoba seadil-adilnya dengan melakukan lempar koin. Akhirnya temanku itu yang menang. Namun ada petugas satu lagi yang sangat baik dan perhatian pada kita. Katanya masih ada peluang untuk bisa masuk, jadi beliau bilang bahwa temanku sore hari ini harus masuk dulu dan perhatikan slotnya ada atau tidak di kelas karena kadang ada orang yang tiba-tiba mengundurkan diri lalu besok pagi teman saya itu harus melapor pada petugas yang bertanggung jawab atas kelas di Kios3in1. Bapak petugas yang baik itu juga menjelaskan memang disediakan 2 cadangan per kelas seandainya ada yang mengundurkan diri. Nah pelajaran buatku adalah jadi kalo udah diterima ya jangan terlalu senang dan berharap dulu wkwk.

Temanku itu sudah kroscek bahwa di kelas masih 15 orang pas hari pertama kemarin memang masih ada slot 1 orang yang blm terisi dan mungkin itu benar jatah kursiku. Ya sudah di tanggal 2 Juli 2019 itu aku kembali ke BLK bersama temanku untuk mendaftar ulang memasukan aku pada kelas Graphic Design. Kita sampai di Kios3in1 dan mencoba menjelaskan maksud dan tujuan, lalu petugas memberitahukan lagi kepada orang yang lebih bertanggung jawab mengurus hal itu. Bapak itu datang dan mengecek data, namun dia keukeuh bahwa kelas Graphic Design Malam sudah penuh meskipun temanku menjelaskan. Beliau malah menawarkan saya masuk kelas pagi Receptionist aja disana masih banyak slot dan lebih cepat selesai karena kelas pagi hanya 1 bulan dibandinhkan kelas malam yang waktu tempuhnya sampai 3 bulan. Aku tidak mau, masalahnya aku sebel toh aku di e-mail udah dinyatakan diterima kok seenaknya aja dipindahin dan udh jelas-jelas masih ada slot. Lalu bapak itu menawarkan lagi kalau saya dimasukan ke kelas Motion Graphic Arts Malam bagaimana disertai penjelasan beliau yang menyebut-nyebut keunggulan program ini. Kebetulan kelas ini masih terisi 11 orang yang berarti ada 5 slot yang tersisa. 
Daripada saya tidak jadi ke kelas manapun kan sayang juga ya udah ikut tahapan2nya dan ga banyak orang yang dikasih kesempatan ditawarin kelas meskipun faktanya memang aku dinyatakan lulus. Finally, aku mengambil tawaran dan tetap dilakukan tes formalitas disuruh gambar apapun sama bapak itu dan mendaftar ulang untuk kelas Motion Graphic Arts 2 Malam. Dan dapet e-mail lagi dong dari BLK wkwkwk
Aku ragu-ragu sekali karena sedikit pun aku tidak tau yang namanya desain desain komputer gitu.. aku belajar nya teori dan background soshum bukan saintek. Motion tuh aku baca-baca referensi yaa bikin desain 3D gitu bahkan yang bikin2 kartun. Kebayang dong anak Politik masuk ke Motion Graphic pastinya bakal 0 besar banget nilainya wkwk.

Note:
Mau tau info pening BLK? Klik disini
Dan ini cerita aku jadi anak Motion Graphic di BlK selama 3 bulan, klik disini yaa

Semoga Bermanfaat!

Bye Licensees!

[Wassalamu'alaikum]

You May Also Like

2 Comment

  1. ka izin wawancara pengalaman selama di BLK BEKASI nya dong bantu tugas akhir skripsi saya kalo boleh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya ini baru saya liat komennya, silahkan email yaa

      Delete

Popular Posts